6 Rekomendasi Kuliner Makanan Khas Muara Teweh

Bagikan Artikel
0
(0)
Rate this post

makanan khas Muara Teweh – Kalau kamu penggemar wisata kuliner, kamu harus coba datang ke Muara Teweh. Sebuah kota yang merupakan ibukota dari Kabupaten Barito Utara. Tempat ini memang terkenal dengan berbagai macam destinasi alam yang indah dan makanan khas Muara Teweh yang nikmat.

Sebagai ibukota, Muara Teweh menyimpan banyak daya tarik. Perjalanan ke tempat ini juga sangat menarik. BTG Traveler akan melewati perjalanan darat dan udara. Ditambah lagi, pemandangan yang indah membuat perjalanan jadi terasa menyenangkan dan worth it.

Nah, bagi BTG Traveler yang menikmati wisata kuliner, rasanya belum lengkap kalau pergi ke Muara Teweh tanpa mencicipi kulinernya. Karena itu, berikut ini beberapa daftar makanan khas Muara Teweh yang wajib untuk kamu cicipi saat datang ke Muara Teweh:

1. Soto Batara Kuin

Soto Batara Kuin
Soto Batara Kuin via Urbanus Nangoy

Kisaran Harga : mulai dari Rp25.000

Makanan khas Muara Teweh pertama yang wajib BTG Traveler coba adalah Soto Batara Kuin. Makanan ini juga sudah terkenal di antara wisatawan dan masyarakat seitar Muara Teweh. Bahkan, soto ini sudah terkenal sebagai menu makanan berbintang yang ada di Muara Teweh.

Pada dasarnya, Soto Batara Kuin mirip dengan masakan soto pada umumnya. Hanya saja, proses pembuatan makanan ini menggunakan bumbu dan rempah khas tertentu. Sehingga, cita rasa dan aromanya semakin menggugah selera.

Kalau BTG Traveler berkunjung ke Muara Teweh, pastikan kamu datang dan mencoba Soto Batara Kuin ini ya.

2. Juhu Umbut Sawit

Juhu Umbut Sawit
Juhu Umbut Sawit via cookpad.com

Kisaran Harga : mulai dari Rp10.000

Satu lagi makanan khas Muara Teweh yang wajib BTG Traveler coba saat datang ke tempat ini, juhu umbut sawit. Sesuai namanya, makanan ini dibuat dari tanaman sawit atau bongkol pohon kelapa. Biasanya, makanan ini disajikan pada saat acara-acara besar. Misalnya syukuran atau pernikahan.

Sebagai salah satu makanan khas, juhu umbut sawit sekarang bisa ditemukan di berbagai rumah makan. Karena itu, banyak wisatawan yang datang mencari makanan satu ini. Rasanya nikmat, enak, dan gurih. Sehingga banyak orang tertarik untuk mencobanya lagi dan lagi.

3. Wadi

Wadi
Wadi via mmc.kalteng.go.id

Kisaran Harga : mulai dari Rp35.000

Kalau makanan sebelumnya termasuk lauk atau makanan berat, makanan khas Muara Teweh satu ini termasuk dalam jenis kudapan atau camilan. Biasanya, wadi juga disajikan saat ada acara khusus atau perayaan. Namun, tak jarang juga dikonsumsi sebagai camilan atau dibawa sebagai oleh-oleh untuk kerabat dan saudara.

Pembuatan wadi biasanya menggunakan ikan atau daging. Setelah dibersihkan, ikan atau daging tersebut akan direndam dalam air garam selama 5 hingga 10 jam. Baru kemudian ditiriskan hingga kering dan disimpan dalam kotak atau toples kaca selama 3 sampai 7 hari.

Setelah disimpan lama, baru daging atau ikan bisa diolah sesuai selera. Biasanya, ikan atau daging wadi akan diolah dengan cara digoreng. Tapi ada juga yang mengolahnya dengan cara dikukus. Karena tahan lama, wadi juga bisa dijadikan oleh-oleh.

4. Bangamat

Bangamat
Bangamat via travel.okezone.com

Kisaran Harga : mulai dari Rp25.000

Datang ke Muara Teweh rasanya tidak lengkap kalau tidak mencicipi kuliner Bangamat. Kuliner ini terbuat dari kelelawar besar atau kalong yang hidup di sekitar sana. Namun, tidak semua kalong bisa digunakan untuk membuat Bangamat. Kalong yang digunakan hanyalah kalong pemakan buah.

Bagi sebagian orang, memakan kalong mungkin terdengar aneh atau bahkan tabu. Tapi bagi masyarakat Muara Teweh, Bangamat adalah makanan yang biasa saja dan bahkan cukup lumrah. Kalau BTG Traveler penasaran dengan masakan ini, tidak ada salahnya untuk mencicipi satu porsi Bangamat saat datang ke Muara Teweh.

Untuk membuat makanan khas Muara Teweh ini, kalong yang digunakan harus dibersihkan terlebih dahulu. Baik bagian luar maupun bagian dalam kalong. Kemudian, bagian kuku kalong akan dipotong dan buku kasar di punggung akan ditekuk agar proses memasak jadi lebih mudah.

Selanjutnya, bagian sayap, usus, bulu, dan bagian daging akan dimasak secara bersamaan. Proses pemasakan Bangamat membutuhkan bumbu rempah yang khas. Biasanya, bumbu khusus yang digunakan berupa pikauk dan serai. Namun, ada juga yang mengolahnya bersama sayur hati batang pisang yang dipotong-potong atau sayur kedelai. Sehingga rasanya lebih nikmat, gurih, dan enak.

5. Karuang/Kalumpe

Karuang/Kalumpe
Karuang/Kalumpe via jadesta.kemenparekraf.go.id

Kisaran Harga : mulai dari Rp10.000

Kalau BTG Traveler datang ke Muara Teweh, kamu mungkin akan mendapat sajian Karuang atau Kalumpe. Makanan satu ini adalah salah satu makanan khas Muara Teweh yang banyak digemari. Selain karena mudah didapatkan, karuang atau kalumpe juga memiliki rasa yang enak dan gurih.

Biasanya, karuang atau kalumpe ini terbuat dari daun singkong yang ditumbuk. Kadang kala, pembuatan makanan ini juga dicampurkan dengan terong kecil atau terong pipit. Sehingga rasanya lebih enak dan seimbang.

Proses pembuatan karuang atau kalumpe menggunakan bumbu rempah khusus sehingga rasa dan aroma lebih menggugah selera. Termasuk bumbu bawang merah, bawang putih, serai, serta lengkuas. Seluruh bumbu dihaluskan kemudian dicampurkan dengan daun singkong yang sudah ditumbuk.

Kalau BTG Traveler menyukai makanan pedas, karuang atau kalumpe juga bisa disajikan pedas. Yaitu dengan menambahkan cabe dan terasi ke dalam makanan. Dengan begitu, rasa makanan akan semakin sedap dan menggugah selera.

6. Juhu Umbut Rotan

Juhu Umbut Rotan
Juhu Umbut Rotan via cookpad.com

Kisaran Harga : mulai dari Rp10.000

Selain juhu umbut sawit, makanan khas Muara Teweh juga ada yang bernama juhu umbut rotan. Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari rotan. Tapi, rotan yang digunakan adalah rotan muda. Sehingga teksturnya masih lembut dan kenyal.

Kalau BTG Traveler baru pertama kali datang ke Muara Teweh, mungkin BTG Traveler akan merasa sedikit aneh dan bingung. Namun, begitu mencicipi masakan ini, kamu akan langsung merasa suka karena cita rasanya yang gurih dan khas.

Untuk membuat juhu umbut rotan, rotan muda dibersihkan bagian kulitnya, kemudian dipotong-potong dengan ukuran yang sangat kecil. Sehingga akan lebih mudah saat dikonsumsi nantinya. Selanjutnya, rotan muda akan dimasak menggunakan bambu. Tidak jarang, proses memasak ini dicampurkan dengan ikan baung, terong asam, atau bahan makanan lain sesuai selera.

Rasa juhu umbut rotan sendiri cenderung gurih dan agak pahit. Karena itu, kadang kala makanan ini juga ditambahkan gula atau gula merah saat proses memasak. Sehingga rasanya menjadi sedikit agak manis. Rasa makanan khas Muara Teweh ini cenderung unik dan menarik. Sehingga banyak orang dan wisatawan yang tertarik untuk mencicipi makanan ini.

Pergi Ke Muara Teweh Selalu Seru, Bareng Promo Pesta BookingToGo!

Promo Tiket Pesawat Boookingtogo

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Muara Teweh yang wajib BTG Traveler coba saat berkunjung ke Muara Teweh. Agar liburan lebih nyaman, jangan lupa untuk mengecek aplikasi dan website Bookingtogo terlebih dahulu. Bookingtogo menyediakan akomodasi hotel dan tiket pesawat dengan harga dan penawaran terbaik. Tertarik untuk liburan ke Muara Teweh? Cek penawarannya, sekarang! Smart Booking, Easy Travel!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.

You May Also Like