Bagikan Artikel
Rate this post
El Nino – Hai BTG Traveler tau gak sih terkait kabar kalau El Nino akan diprediksi datang ke Indonesia mulai di bulan Juli hingga September 2023?. El Nino sendiri merupakan fenomena alam yang bisa memberikan dampak besar pada cuaca, pertanian, dan lingkungan loh.
Penting banget nih buat kita untuk memahami dan mempersiapkan diri menghadapi fenomena alam ini. Disini minboo mau memberikan tips-tips yang berguna untuk kalian nantinya menghadapi El Nino, yuk disimak.

Apa itu El Nino?

El Nino merupakan peristiwa alam di mana suhu permukaan air laut di Samudera Pasifik Tengah dan Timur meningkat secara signifikan. Fenomena ini terjadi secara periodik, umumnya setiap beberapa tahun sekali, dan dapat berlangsung selama berbulan-bulan. Menurut Plh Deputi Klimatologi BMKG, Urip Haryoko, fenomena alam ini terjadi di Indonesia diantara Bulan Juni hingga September  2023. El Nino biasanya terjadi bersamaan bahkan bergantian dengan peristiwa La Nina yang merupakan fenomena sebaliknya.

Beberapa faktor yang berkontribusi pada terjadinya perubahan cuaca ini meliputi perubahan arus laut, perubahan pola angin, dan perubahan suhu di Samudera Pasifik. Ketika El Nino terjadi, suhu permukaan air laut yang lebih tinggi dari biasanya bisa mempengaruhi pola cuaca global maupun negara yang terdampak.

Apa Aja Sih Dampak El Nino?

El Nino bisa memiliki dampak yang signifikan pada berbagai sektor, termasuk pertanian, sumber daya air, dan lingkungan. Beberapa dampak utamanya antara lain:

1. Dampak pada pertanian

petani kekeringan dampak el nino
Ilustrasi Dampak El Nino via Republika

El Nino bisa menyebabkan penurunan produksi tanaman karena kekeringan yang parah. Tanaman yang membutuhkan curah hujan tinggi, seperti padi dan jagung, rentan terhadap dampak fenomena ini. Disiini petani perlu mengadopsi teknik irigasi yang efisien dan menyesuaikan jadwal penanaman dengan pola cuaca yang tidak stabil.

2. Kekurangan air

Kekuranagan Air karena El nino

Fenomena ini sering kali menyebabkan penurunan curah hujan yang signifikan, mengakibatkan kekeringan di berbagai wilayah. Sumber daya air menjadi langka, dan masyarakat perlu mengadopsi kebiasaan hemat air seperti mengurangi penggunaan air untuk keperluan sehari-hari dan mengoptimalkan sistem pengelolaan air.

Baca Juga:  Gampang Banget Ini Tips Naik Pesawat Pertama Kali Buat Liburan!

3. Gangguan ekosistem laut

pemutihan terumbu karang dampak el nino
pemutihan terumbu karang via dictio.id

El Nino dapat menyebabkan perubahan suhu air laut yang mempengaruhi kehidupan laut. Terumbu karang dapat mengalami pemutihan dan kematian massal, mempengaruhi keberlanjutan ekosistem laut. Selain itu, perubahan suhu air dapat mempengaruhi migrasi ikan dan mengurangi populasi ikan, berdampak negatif pada nelayan dan industri perikanan.

4. Dampak Ekonomi dan Sosial

kekurangan pangan
kekurangan pangan via betahita.id

Selain itu fenomena cuaca yang berubah ini memiliki dampak ekonomi dan sosial yang signifikan. Sektor pertanian yang terganggu mengakibatkan kerugian ekonomi bagi petani dan negara. Selain itu, kekeringan dapat menyebabkan krisis pangan, meningkatkan harga pangan, dan mengancam keamanan pangan masyarakat

Tips Menghadapi Buat Kamu Menghadapi Cuaca El Nino

1. Mengikuti Perkembangan Cuaca

Perkembangan cuaca dari el nino

Tetap up-to-date dengan perkembangan cuaca dan peringatan dini yang dikeluarkan oleh badan meteorologi atau BMKG. Ini akan sangat membantu kamu untuk mengantisipasi dampak yang mungkin terjadi.

2. Menghemat Penggunaan Air

Hemat air

Karena fenomena ini sering kali menyebabkan kekeringan, penting untukmu menghemat penggunaan air sebisa mungkin. Gunakan air secukupnya saat mandi, mencuci pakaian, dan membersihkan rumah. Matikan keran saat tidak digunakan dan perbaiki kebocoran air yang ada.

3. Menjaga Kelembaban Rumahmu

Rumah nyaman
Jaga kelembaban rumah via shutterstock

Selama masa El Nino, udara cenderung kering. Untuk menjaga kelembaban di dalam rumah, gunakan alat pelembap atau letakkan baskom air di dalam ruangan. Ini akan membantu menjaga kesehatan pernapasan dan kenyamanan kamu nantinya ya.

4. Perhatikan Kualitas Udara

Kualitas udara
Jaga Kualitas Udara via interiordesign.id

Fenomena cuaca ini bisa menyebabkan peningkatan polusi udara karena kondisi cuaca yang tidak menguntungkan. Kamu sebaiknya menghindari aktivitas di luar ruangan saat kualitas udara buruk dan menggunakan masker yang tepat jika perlu.

5. Menjaga Kebersihan Lingkungan

jaga kebersihan lingkungan

Kekeringan yang terjadi selama fenomena ini dapat meningkatkan risiko kebakaran hutan dan lahan. Kamu perlu banget menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membakar sampah sembarangan dan melaporkan kebakaran segera kepada pihak berwenang jika kamu menemukan pertandanya.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Museum Kekinian di Jakarta yang Bisa Mengisi Liburan Sekolahmu

6. Menjaga Kesehatan Tubuhmu

jaga kesehatan

Karena fenomena cuaca ini bisa mempengaruhi kesehatan, terutama untuk orang yang rentan terhadap kondisi cuaca ekstrim. Kamu sebaiknya bisa menjaga hidrasi yang cukup, menghindari paparan langsung sinar matahari yang berlebihan, dan mengenakan pakaian yang nyaman dan bisa menggunakan sunscreen atau pelembab.

7. Simpan Makanan Dengan Baik

Jaga Kualitas makanan
Jaga Kualitas makanan via tommendes.com

Perubahan suhu dan kelembaban selama El Nino dapat mempengaruhi daya simpan makanan. Pastikan makanan disimpan dengan baik untuk mencegah pembusukan dan keracunan makanan.

8. Berpartisipasi Dalam Program Penghijauan

penghijauan
tanam pohon untuk penghijauan via freepik

Menanam pohon dan menjaga kelestarian alam dapat membantu mengurangi dampak dari fenomena alam ini. Kamu bisa berpartisipasi dalam program penghijauan yang diadakan oleh pemerintah atau organisasi lingkungan setempat.

9. Menjaga Keberlanjutan Pertanian

pohon jagung
Pertanian Jagung via Humas Kementan

Buat kamu yang memiliki kebun atau lahan pertanian, penting banget untuk mengadopsi praktik pertanian yang berkelanjutan selama El Nino. Gunakan teknik irigasi yang efisien, tanam tanaman yang tahan kekeringan, dan pertimbangkan penggunaan pupuk organik.

10. Menjaga Kelembaban Tanah

tanah kering
jaga kelembaban tanah via youtube

Selama masa kekeringan, kamu bisa membantu menjaga kelembaban tanah dengan melakukan penutupan tanah menggunakan mulsa atau kompos. Ini akan membantu mengurangi penguapan air dan menjaga kelembaban yang diperlukan bagi tanaman.

11. Mengatur Pola Tanam yang Bijaksana

Pola tanam Bijaksana
Pilih pola tanam via dinpertanpangan.demakkab.go.id

Dalam menghadapi cuaca yang berubah ini, kamu bisa mengatur pola tanam dengan bijaksana. Pilih varietas tanaman yang tahan kekeringan, lakukan rotasi tanaman, dan gunakan teknik pengendalian gulma yang efektif untuk menjaga produktivitas pertanian.

Yuk Jaga Lingkunganmu Sekarang! Agar Kita Bisa Selalu Liburan!

Itu dia beberapa tips untuk kita bisa menghadapi fenomena alam tahunan ini, coba yuk kita jaga lingkungan kita sejak kini, apalagi kalau lingkungannya asri dan bisa untuk healing ataupun staycation pastinya nyaman bukan?

Promo Hotel dan Pesawat Paylater Indodana

BookingToGoProfile
BookingToGo

BookingToGo merupakan salah satu Online travel agen di Indonesia, yang melayani penjualan tiket pesawat, dan akomodasi hotel secara online.